Kata Biologi berasal dari bahasa Yunani yaitu 'bios' yang berarti hidup atau kehidupan dan 'logos' yang berati ilmu pengetahuan. Dari asal usul kata tersebut biologi bisa kita artikan sebagai ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang kehidupanan. Jadi mempelajari biologi sama dengan mempelajri semua makhluk hidup baik tumbuhan dan hewan yang tubuhnya hanya terdiri dari satu sel (uniseluller) atau tumbuhan dan hewan yang tubuhnya terdiri atas banyak sel. (multiseluller), tidak hanya tumbuhan dan hewan yang hidup dimuka bumi ini, akan tetapi tumbuhan dan hewan yang hidup di masa lampau bahkan di planet-planet lain jika mungkin ada kehidupan.
Lingkup kajian biologi memang sangat luas, karena lingkupnya yang luas itu, maka biologi dibagi bagi ke dalam beberapa sub pembahasan atau cabang-cabang biologi. Nah dalam hal ini kita tidak membahas tentang cabang-cabang biologi, tetapi bagaimana teknik mempelajari biologi agar mudah dan menyenangkan. Awal yang baik dalam mempelajari biologi adalah mengagumi kesempurnaan alam dan prinsip-prinsip kehidupan.Selanjutnya adalah bagaimana kiat-kiat kita dalam belajar biologi agar lebih mudah dan tidak membosankan.
Untuk memudahkan kita dalam memahami konsep dan menguji hipotesis serta membuktikan teori yang telah kita dapat, maka kita lakukan pratikum baik di laboratorium sekolah maupun di laboratorium alam, terkantung konsep dari materi biologi yang sedang kita pelajari.
Misalnya dalam teori disebutkan bahwa alat reprodusi pada tumbuhan paku (pteriodhophyta) adalah spora dan spora ini terdapat di dalam sorus. Dengan melakukan pratikum, teori yang telah kita dapat di kelas tadi, akan lebih bermakna dan membekas jika kita tidak hanya sekedar membaca materinya saja. tapi membuktikan langsung kebenarannya, yang mana yang nama spora dan seperti apa sorus pada tanaman paku tersebut.
Berikut adalah kiat-kiat yang dapat kita terapkan dalam mempelajari biologi:
1. Pelajari Istilah-istilah Penting terkait Materi (Membuat Daftar Glossarium)
Salah satu bagian tersulit dalam memepelajari biologi adalah mengingat banyaknya istilah-istilah dalam bahasa asing (Latin/ilmiah). Jika kita ingin memahami apa yang sedang kita pelajari, maka kita harus membiasakan diri dengan semua istilah ini terlebih dahulu. Metode yang baik dalam mempelajari suatu konsep biologi adalah dengan mencoba mencari definisi atau pengertian dari istilah-istilah asing tersebut.
Sangat direkomendasikan bahwa setiap kali kita menemukan istilah asing yang tidak diketahui artinya saat mempelajari biologi, kita harus mencatatnya, mencari definisi dan kemudian mencoba untuk memahami penggunaan istilah tersebut dalam kalaimat untuk memahami dan mengerti maksud terkait konsep biologi yang sedang dipelajari.
2. Pelajari dari Umum ke Khusus
Dalam mengikuti proses pembelajaran biologi yang efektif, terlebih dahulu kita harus menguasai konsep-konsep umum sebelum menguasai konsep yang spesifik atau khusus. Contohnya, kita harus terlebih dahulu mengidentifikasi kelompok mamalia sebelum kita mempelajari atau mengidentifikasi kelompok primata..
Dalam hal ini juga disarankan untuk mempelajari proses secara menyeluruh sebelum naik ke tingkat berikutnya. Belajar dengan menggunakan metode Peta Pikiran yang dibuat sendiri oleh peserta didik sangat efektif untuk memahami konsep yang sedang dipelajari.
Dalam hal ini juga disarankan untuk mempelajari proses secara menyeluruh sebelum naik ke tingkat berikutnya. Belajar dengan menggunakan metode Peta Pikiran yang dibuat sendiri oleh peserta didik sangat efektif untuk memahami konsep yang sedang dipelajari.
3. Perkuat Konsep dengan Pratikum
Untuk memudahkan kita dalam memahami konsep dan menguji hipotesis serta membuktikan teori yang telah kita dapat, maka kita lakukan pratikum baik di laboratorium sekolah maupun di laboratorium alam, terkantung konsep dari materi biologi yang sedang kita pelajari.
Misalnya dalam teori disebutkan bahwa alat reprodusi pada tumbuhan paku (pteriodhophyta) adalah spora dan spora ini terdapat di dalam sorus. Dengan melakukan pratikum, teori yang telah kita dapat di kelas tadi, akan lebih bermakna dan membekas jika kita tidak hanya sekedar membaca materinya saja. tapi membuktikan langsung kebenarannya, yang mana yang nama spora dan seperti apa sorus pada tanaman paku tersebut.
Gbr. Sorus pada Daun Paku (Pteriodophyta). Source Image. Pixabay
4. Gunakan Gambar
Gambar dapat membantu kita memahami konsep dan mengingat informasi yang sulit didefinisikan dengan kata-kata. Kita haru terbiasa menggambar seperti hati, ginjal manusia, penampang melintang daun dan organ lainnya, karena pemahaman struktur merupakan salah satu kompetensi yang diharapkan mampu dicapai oleh peserta didik. Banyak bentuk soal yang menuntut peserta didik untuk melengkapi atau menjawab gambar yang telah diberi nomor atau label pada soal-soal ujian biologi dan terkadang juga harus menyebut fungsi dari bagian gambar yang ditunjuk.
Gbr. Penampang Ginjal.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar